Buronan Donny Saragih Sembunyi di Apartemen Mediterania Ditangkap

Buronan Donny Saragih

TOPMETRO NEWS – Buronan Donny Saragih, mantan Direktur Utama TransJakarta ditangkap di Apartemen Mediterania yang menjadi tempat tinggalnya selama menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buron. Dia diketahui diburu aparat penegak hukum sejak tahun 2018 silam.

Buronan Donny Saragih Terlacak

Tak pelak lagi, Donny Saragih ditangkap Tim gabungan kejaksaan terdiri dari Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, dan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

“Terdakwa Donny Andy Sarmedi Saragih terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pasal 378 KUHP dengan sanksi penjara selama dua tahun, setelah diterimanya putusan inkrah, terpidana bersikap tidak kooperatif dan melarikan diri sehingga ditetapkan sebagai DPO,” kata Kasipenkum Kejati DKI Jakarta Nirwan Nawawi dalam keterangannya, Sabtu (5/9/2020).

Sembunyi di Apartemen

Kejaksaan awal mulanya melacak Donny, diketahui pria yang juga mantan Direktur Operasional PT Lorena Transport akan bergerak menuju Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Jakarta Selatan.

“Sekitar pukul 21.00 WIB, tim gabungan bergerak menuju Apartemen Mediterania Jakarta Utara yang diduga menjadi tempat tinggal terpidana. Sesampainya di apartemen, tim langsung meringkus terpidana (Donny Saragih),” ujar Nirwan.

Donny Saragih pun akhirnya dibawa petugas kejaksaan ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Salemba, Jakarta Pusat untuk menjalani hukumannya.

Donny menjadi buronan dan masuk dalam DPO karena tidak menjalani putusan dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang sudah inkrah.

Donny Saragih Bekerjasama dengan Porman Tambunan

Donny terbukti bersalah atas kasus penipuan yang dilakukannya bersama Sekretaris Korporasi PT Lorena Transport Porman Tambunan kepada Direktur Utama PT Lorena Transport Gusti Terkelin Soerbakti pada 2017.

Porman Tambunan telah menjalani proses hukumannya sejak awal 2020 atau pada 29 Januari 2020.

Awalnya Donny Saragih dan Porman Tambunan meyakinkan Gusti Terkelin Soerbakti bahwa keduanya dapat menangani masalah yang dialami PT Lorena Transport terkait perdagangan saham yang tidak sah.

BACA SELENGKAPNYA | Donny Saragih Mundur, 3 Hari Menjabat Dirut Trans Jakarta

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, eks Dirut Trans Jakarta, Donny Andy S Saragih angkat bicara mengenai pencopotan dirinya yang baru menjabat sebagai Dirut selama tiga hari. Donny Saragih menjelaskan, masalah yang menimpanya itu bukan urusan pribadi melainkan persoalan korporasi perusahaan tempat lamanya bekerja.

“Itu masalah korporasinya, bukan masalah saya sendiri. Itu terjadi saat saya jadi direktur di Lorena,” ungkap Donny kepada wartawan, Senin (27/1/2020).

reporter | dpsilalahi
sumber/foto | pojoksatu

Related posts

Leave a Comment